Rabu, 25 Desember 2013

KUE ONGOL ONGOL SAGU

Di negeri kita yang elok nan indah ini tersimpan ribuan kue tradisional, yang setiap daerah kemungkinan memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Salah satunya adalah apa yang sering kita kenal dengan sebutan kue Ongol-ongol yang mungkin sebagian dari anda sudah pernah mencicipinya, namun mungkin ada juga yang belum pernah mencicipinya terutama untuk anak-anak muda jaman sekarang.
Ongol-Ongol merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kue basah atau panganan ringan tradisional khas Indonesia. Bahannya antara lain terdiri dari tepung sagu aren kering, air, gula jawa kelapa, daun pandan dan garam. sebenarnya bahan lain bisa gunakan seperti ubi jalar, hunkwe dan bahan singkong, tapi disini akan dibahas dengan menggunakan bahan tepung sagu, Biasanya ongol-ongol ini saat penyajiannya ditaburi dengan parutan kelapa kukus dengan rasa kue yang manis dari gula arennya sehingga panganan ini sangat banyak peminatnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
Ongol ongol adalah kue yang memiliki rasa yang enak, aman di konsumsi dan memiliki manfaat yaitu melancarkan pencernaan. Mengapa? Karena ongol ongol kue yang hamper mirip agar agar atau jelly selai kenyal juga nikmat sulit untuk dijelaskan dengan kata kata.jadi,jika kamu belum pernah mencoba kue yang satu ini kamu bias membuatnya sendiri.karena mungkin dipasaran jarang ada orang yang menjual kue ini jikalau ada bias dihitung jari.anda tertarik untuk membuatnya? Ini resep cara membuat kue ongol ongol….



Kue Ongol-Ongol Sagu adalah makanan cemilan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Kue Ongol-Ongol Sagu mengandung energi sebesar 111 kilokalori, protein 0,3 gram, karbohidrat 21,2 gram, lemak 2,7 gram, kalsium 79 miligram, fosfor 15 miligram, dan zat besi 1,7 miligram.  Selain itu di dalam Kue Ongol-Ongol Sagu juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,06 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kue Ongol-Ongol Sagu, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Kue Ongol-Ongol Sagu :

Nama Bahan Makanan : Kue Ongol-Ongol Sagu
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Kue Ongol-Ongol Sagu yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kue Ongol-Ongol Sagu yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Kue Ongol-Ongol Sagu = 111 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kue Ongol-Ongol Sagu = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kue Ongol-Ongol Sagu = 2,7 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kue Ongol-Ongol Sagu = 21,2 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kue Ongol-Ongol Sagu = 79 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kue Ongol-Ongol Sagu = 15 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kue Ongol-Ongol Sagu = 1,7 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kue Ongol-Ongol Sagu = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kue Ongol-Ongol Sagu = 0,06 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kue Ongol-Ongol Sagu = 0 mg
Khasiat / Manfaat Kue Ongol-Ongol Sagu : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan :
Riset/penelitian pada Kue Ongol-Ongol Sagu yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.  Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Kue Ongol-Ongol Sagu ini.  Semoga informasi kandungan gizi/nutrisi Kue Ongol-Ongol Sagu ini bisa bermanfaat untuk kita semua.  Terima Kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar