Minggu, 22 Desember 2013

CANGKUNING



Cangkuning ini adalah makanan khas Makassar yang berbentuk kerucut. Rasanya enak kaya doko doko utti tapi cangkuning ini isinya bukan pisang  tapi isian didalamnya terdapat gula merah yang dicampur dengan kelapa parut jadi rasanya manis. Sangat disayangkan karena kue ini sudah jarang didapat. Berikut cara membuat cangkuning.


Bahan cangkuning/Isi :
- kelapa setengah tua parut yang dimasak bersama air gula merah kental dan daun pandan sampai kering, setelah dingin bentuk bulat-bulatan.

Bahan I :
- 125 gr tepung ketan hitam atau putih
- 1/2 sdt garam
- 125 gr santan kental
- pewarna makanan

Bahan II :
- 250 gr tepung beras
- 50 gr sagu
- 150 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili
- 800 ml santan kental
- 2 lembar daun pandan
- daun pisang

Cara membuat :
1.   Bahan I : campur tepung ketan hitam dan garam, aduk rata. Tuang sedikit-sedikit santan kental sambil diuleni hingga kalis. Jika memakai ketan putih tambahkan pewarna makanan sesuai dengan warna yang diinginkan
2.   Pipihkan adonan, beri isian cangkuning. Tutup lagi dan bentuk bulat. Selesaikan semua adonan. Sisihkan.
3.   Bahan II : campur tepung beras, tepung sagu, gula pasir, vanili dan garam. Aduk rata.
4.   Tuang santan. Aduk menggunakan whisk sampai rata.
5.   Masak di atas api sedang bersama daun pandan sambil diaduk terus agar bawahnya tidak gosong. Masak sampai adonan kental dan sudah tidak bergerindil.
            6.   Ambil daun pisang, lipat bentuk kerucut. Beri bahan tepung beras. Tambahkan                 isian ketan itam sambil ditekan sedikit. Tambahkan lagi bahan tepung beras di                 atasnya sambil dipadatkan.
7.   Lipat daun pisang dari arah bawah, kiri lalu kanan. Terakhir bagian atas lipat ke bawah sambil diselipkan masuk dalam lipatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar